Mengenal Bahan Katun Catra, Ciri-ciri, Kelebihan dan Karakteristiknya

Sprei merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki agar tempat tidur menjadi lebih nyaman dan adem ketika digunakan untuk tidur. Berbagai macam bahan yang dijual haruslah dipilih agar kenyamanan semakin terjamin, salah satunya adalah bahan katun Catra.

Bahan katun lokal terbaik yang sudah terkenal dan tak kalah dari bahan import ini tak usah diragukan lagi soal kenyamanannya. Lalu seperti apakah bahan katun Catra yang dikenal sebagai bahan sprei yang nyaman dan adem ini? Simak informasinya dibawah ini :

Apa itu Katun Catra?

Katun Catra yang merupakan bahan katun Indonesia asli hasil karya anak bangsa telah dikenal sebagai bahan membuat sprei yang berkualitas bagus. Akan tetapi, bahan katun Catra tidak semuanya terdiri dari katun melainkan ada campuran serat lain yang membuat tekstur bahannya nyaman.

Bahan dasar katun Catra terdiri dari 100% bahan katun yang seratnya terbuat dari 20% polyester dan 80% katun. Jenis motif katun Catra biasanya lebih banyak yang bermotif dewasa dengan warna yang kekinian sehingga cocok untuk bahan dasar sprei.

Warna dan motif yang seringkali dipakai di bahan katun catra terlihat modis dan kekinian serta minimalis, sehingga elegan untuk sprei. Koleksi beraneka macam motif dan warna pada sprei yang berbahan katun catra ini juga semakin bervariasi dari tahun ke tahun.

Karakteristik dari Bahan Katun Catra

Bahan katun Catra memiliki karakteristik yang membedakannya dari bahan sprei lainnya, hal ini yang menjadikan bahan ini cukup diminati sekarang. Karakteristik dari bahan katun Catra sangat khas yang membuat bahan ini cocok digunakan untuk sprei, yaitu sebagai berikut :

  • Tidak panas.
  • Tidak berbulu.
  • Dan tidak mudah luntur warnanya.
  • Kemudian mudah dicuci.

Kandungan serat katun yang banyak di katun Catra membuatnya terasa adem dan nyaman serta tanpa ada bulu yang akan mengganggu. Selain itu, katun Catra juga bebas dicuci berkali-kali tanpa harus takut warnanya akan luntur dengan mudah.

Kerapatan benang di sprei yang berbahan katun Catra yang besar membuat bahan katun Catra akan terasa lembut serta halus kainnya. Keunggulan dari karakteristik katun Catra inilah yang membuat bahan katun Catra saat ini banyak dicari dan digemari untuk penggunaan sprei.

BACA JUGA: mengenal karakteristik bahan rayon

Ciri-ciri dan Kelebihan Bahan Katun Catra

Karena berbeda dari bahan sprei lainnya, katun Catra juga mempunyai ciri-ciri tertentu yang membuatnya beda dengan bahan sprei lain. Ciri-ciri dari bahan katun Catra membuat bahan ini dapat dikenali dalam penggunaannya untuk sprei, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Terasa lembut jika disentuh.
  • Memiliki daya serap air yang bagus sehingga mudah kering.
  • Warna yang akan terlihat mengkilap sehingga membuatnya semakin elegan ketika di pandang.
  • Untuk setiap bahan katun Catra, akan ada label Catra yang menandakan bahwa bahan tersebut adalah bahan katun yang berjenis Catra.

Kain katun Catra yang dijual antara 30-40 ribu per meternya ini juga memiliki kelebihan dan direkomendasikan untuk bahan dasar sprei. Diantaranya adalah sangat nyaman, lembut, serta dapat menyerap keringat, bahan ini juga disarankan untuk kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Pada dasarnya, semakin tinggi kualitas bahan dan biaya produksinya, maka akan semakin mahal pula harga yang akan dibanderol. Sehingga tak heran apabila bahan katun Catra dijual pada kisaran harga 30-40 ribu rupiah per meter kainnya.

Demikianlah tadi beberapa informasi mengenai bahan katun Catra yang saat ini sedang diminati jadi bahan sprei. Dengan mengetahui bahan yang bagus untuk sprei, tentu akan lebih selektif lagi ketika akan membeli sprei.