Mengenal Bahan Microtex Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Penggunaan Sprei pada masa saat ini banyak memakai bahan-bahan tekstil modern, salah satu yang sering digunakan adalah dari bahan microtex. Hal ini karena bahan dengan jenis microtex memiliki tingkat kenyamanan ekstra, sehingga cocok digunakan untuk bahan pelapis kasur atau sprei.

Karena klaim tersebut, pastinya sprei dengan jenis bahan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pencari sprei. Namun, sebelum membeli sprei dengan bahan tersebut, ada baiknya calon pembeli mengetahui informasi tentang bahan jenis microtex ini. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya dibawah!

Apa itu Bahan dengan Jenis Microtex

Microtex merupakan jenis bahan yang masih tergolong baru hasil pengembangan teknologi dari bahan jenis microfiber yang sudah ada jauh sebelumnya. Bahan ini mengandalkan serat polyester microfiber terbaru yang dijamin nyaman untuk dijadikan bahan pelapis kasur pilihan karena kualitasnya yang baik.

Menurut para grosir sprei sendiri, bahan jenis microtex juga baik bagi kesehatan kulit, sehingga cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif sekalipun. Kain dengan bahan ini juga tidak memiliki benang-benang pendek yang mengganggu kenyamanan tidur penggunanya sehingga kualitas tidur menjadi baik.

Kelebihan Bahan dengan Jenis Microtex

Bahan microtex tentunya memiliki kelebihan menggiurkan yang wajib diketahui oleh para calon pembeli kain pelapis kasur dengan jenis tersebut. Nah, dibawah ini adalah informasi tentang kelebihan bahan jenis microtex yang dapat dijadikan acuan pembelian sprei dengan jenis tersebut, diantaranya:

1. Tidak Berbulu dan Berpasir

Bahan dengan jenis Microtex tidak memiliki karakteristik kain yang berbulu dan terkesan memiliki permukaan halus karena bersih dari bulu-bulu halus. Hal ini tentu nyaman digunakan karena tak perlu melakukan pembersihan ekstra pada sprei selayaknya pada kain sprei lain yang berbulu.

Selain itu, permukaannya juga tidak berpasir karena kerapatan yang terdapat pada kain jenis microtex sangat padat sehingga menghalangi debu masuk. Karena hal tersebut, kain sprei jenis microtex cocok digunakan bagi penderita asma ataupun paru-paru yang sensitif dengan debu pada sprei.

2. Bahan Mudah untuk Dikeringkan

Microtex juga memiliki kelebihan yang mudah untuk dikeringkan setelah pencucian selesai. Hal ini karena bahan tersebut memiliki kerapatan yang baik dan ringan sehingga tidak memerlukan banyak waktu saat pengeringan. Karena hal tersebut, mencuci sprei saat musim hujan bukan lagi masalah.

3. Sprei Menjadi Tidak Mudah Kusut

Dibandingkan dengan pemakaian sprei jenis katun yang lebih mudah kusut, sprei dengan bahan microtex dinilai tidak mudah kusut saat digunakan. Hal ini tentu membuat pengguna sprei dengan bahan tersebut tidak kesulitan untuk merapikan kembali sprei karena kelebihannya yang satu ini.

4. Kuat dan Warna Tidak Mudah Luntur

Kain sprei yang menggunakan bahan jenis microtex juga memiliki klaim kuat serta tidak mudah luntur pada bagian warnanya. Hal ini karena microtex memiliki kepadatan kain juara yang membuat permukaannya halus sehingga kuat dan tidak luntur walaupun dicuci berkali-kali.

Kekurangan Bahan Jenis Microtex

Meskipun memiliki kelebihan yang sangat baik, tentunya bahan dengan jenis microtex memiliki kekurangan seperti halnya jenis kain-kain lain dikelasnya. Untuk itu, berikut ini kekurangan bahan dengan jenis microtex yang juga wajib diketahui sebelum membeli, yaitu:

1. Harga Terbilang Masih Mahal

Kain dengan jenis microtex dinilai premium sehingga harga yang ditawarkan pada pasaran juga sedikit lebih mahal daripada kain-kain yang lain. Hal ini tentunya sepadan dengan kualitas yang dimiliki oleh kain ini sehingga hal tersebut bisa sedikit dimaklumi oleh para penggemarnya.

2. Memiliki Kelembutan Kain Dibawah Katun

Sayangnya, kain dengan jenis bahan jenis microtex ini masih dinilai memiliki kelembutan di bawah katun yang memang terkenal super lembut. Hal ini kadangkala membuat dilema calon pembeli sprei tentang jenis bahan katun atau microtex yang sebaiknya cocok untuk dibeli.

Demikian mengenai bahan microtex sebagai pelapis kasur atau sprei yang dapat jadi salah satu pilihan kain terbaik. Calon pembeli dapat menimbang kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan kain tersebut agar lebih yakin saat akan membeli jenis kain tersebut.